5 Tip agar Kamu Tetap Produktif meski Tengah Berpuasa Selama Ramadan

Sejak tanggal 27 Mei 2017 lalu, umat muslim di seluruh dunia kembali menyambut kedatangan bulan suci Ramadan. Tanpa asupan makanan dan minuman selama lebih dari dua belas jam, kondisi tersebut bisa berdampak pada fokus dan energi kaum profesional muslim selama Ramadan.

Hal itu tentu tidak bisa menjadi alasan untuk menurunkan produktivitas kerja. Guna mengurangi dampak negatif akibat menjalankan ibadah puasa, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif selama Ramadan.


Atur prioritas kerja

Ilustrasi mencari lowongan pekerjaan secara online | Featured Image

Menjaga konsentrasi bisa menjadi tantangan tersendiri selama Ramadan. Kurangnya fokus bisa menyebabkan kamu lupa akan sebuah pekerjaan atau janji penting. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu apa yang hendak dilakukan sejak satu hari sebelum waktu Subuh tiba.

Tempatkan aktivitas yang banyak memakan energi fisik dan mental di pagi hari, seperti rapat penting ataupun berbagai interaksi dengan orang lain. Untuk hal-hal yang tidak terlalu menghabiskan energi, kamu bisa melakukannya di sore hari menjelang waktu berbuka.


Optimalkan pemanfaatan energi selepas sahur dan berbuka

Jam Kerja | Waktu

Selama puasa, kamu akan mempunyai banyak energi selepas makan sahur dan setelah berbuka. Manfaatkan waktu-waktu tersebut untuk melakukan lebih banyak aktivitas.

Contohnya setelah sahur, kamu bisa memanfaatkannya untuk langsung mengerjakan beberapa hal, dibanding kembali tidur. Keuntungan lain bekerja selepas sahur dan setelah berbuka adalah tidak terlalu banyak pesan ataupun email yang bisa mengganggu konsentrasi kamu.


Manfaatkan layanan video call

Video Call | Ilustrasi

Salah satu hal yang cukup memakan energi ketika berpuasa adalah bepergian dari rumah ke kantor, atau ke tempat lain. Itulah mengapa, sebisa mungkin usahakan untuk mengurangi waktu bepergian tersebut demi menghemat energi.

Untungnya saat ini telah ada layanan video call yang memungkinkan kamu untuk berbincang dengan orang lain tanpa harus bertemu secara langsung. Orang yang kamu ajak bicara lewat video call pun mungkin akan senang dengan metode, tersebut karena bisa jadi mereka juga tengah berpuasa dan ingin menghemat energi.


Jangan lupa istirahat

Smartphone Saat Tidur | Ilustrasi

Bangun lebih awal untuk sahur serta beribadah di waktu malam bisa mengurangi waktu istirahat kamu di malam hari, apalagi kalau kamu memilih untuk langsung bekerja setelah Subuh.

Hal ini bisa kamu atasi dengan cara tidur sejenak di siang hari, di waktu yang biasanya kamu gunakan untuk makan siang. Hal ini bisa membantu kamu untuk menambah energi hingga waktu berbuka.


Perhatikan asupan makanan

Makanan Indonesia | Ilustrasi

Hal penting yang juga perlu kamu perhatikan ketika Ramadan adalah jenis makanan yang kamu konsumsi. Agar bisa tetap bertenaga selama berpuasa, ada baiknya kalau kamu mengonsumsi makanan yang mengandung serat, kerbohidrat, serta mengandung banyak cairan saat sahur dan berbuka.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; Sumber gambar: Pexels)

The post 5 Tip agar Kamu Tetap Produktif meski Tengah Berpuasa Selama Ramadan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Entrepreneur Life

Source: entrepreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *