Apa Aplikasi Transportasi, Live Streaming, dan E-Commerce yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia?


Ikhtisar
  • GO-JEK, Bigo Live, dan Shopee menjadi penguasa pasar di Indonesia pada kategori mereka masing-masing.
  • Di kategori e-commerce, tahun lalu Shopee hanya menempati peringkat kelima. Mereka bahkan masih di bawah Bukalapak, yang tahun ini menempati posisi kelima. Sang juara di tahun 2016 yang lalu, OLX, justru turun drastis ke peringkat empat.

Pada tanggal 26 September 2017 kemarin, perusahaan asal Cina Cheetah Mobile meluncurkan laporan terbaru mereka terkait pasar aplikasi mobile di Indonesia. Dalam laporan tersebut, perusahaan yang terkenal dengan aplikasi foto Photo Grid dan aplikasi utilitas Clean Master tersebut menjelaskan tren yang terjadi di kategori transportasi, live streaming, hingga e-commerce.

Berikut ini adalah beberapa data menarik yang mereka paparkan.

Transportasi online

GO-JEK Driver and Passenger | Featured

GO-JEK merupakan aplikasi transportasi online yang paling sering digunakan oleh masyarakat tanah air. Mereka kini digunakan oleh 6,61 persen masyarakat tanah air setiap minggunya (Weekly Active Penetration), diikuti secara ketat oleh Grab dengan angka 6,44 persen. Sedangkan Uber masih jauh tertinggal dengan penetrasi 1,7 persen.

Layanan siaran langsung (live streaming)

BIGO Live App | Featured

Bigo Live masih menguasai pasar aplikasi siaran langsung (live streaming) di tanah air. Mereka diikuti oleh Live.me di posisi kedua, yang naik dua peringkat dari posisi mereka di tahun 2016 yang lalu. Sebagai informasi, Live.me merupakan layanan live streaming yang mayoritas sahamnya dikuasai oleh Cheetah Mobile.

Popularitas mereka diikuti pula oleh Nonolive, 17, dan Voov, yang mengisi posisi ketiga hingga kelima. Aplikasi lain seperti Kitty Live dan HiClub yang dibuat oleh Baidu, gagal masuk ke peringkat lima besar tersebut.

E-commerce

Chris Feng, CEO Shopee, saat memberikan presentasi mengenai perkembangan performa bisnis Shopee selama tahun 2017 di Indonesia.

Untuk kategori e-commerce, Cheetah Mobile menunjukkan dinamika yang cukup menarik. Tahun ini, Shopee menjadi aplikasi e-commerce yang paling banyak digunakan di tanah air, dengan 3,99 persen pengguna aktif mingguan. Mereka diikuti oleh Lazada (3,74 persen) dan Tokopedia (3,26 persen) di posisi kedua dan ketiga.

Hal ini menarik karena pada tahun lalu Shopee hanya menempati peringkat kelima. Mereka bahkan masih di bawah Bukalapak, yang tahun ini menempati posisi kelima. Sang juara di tahun 2016 yang lalu, OLX, justru turun drastis ke peringkat empat.

Lazada pun mencuri perhatian karena tahun ini mereka berhasil menyalip Tokopedia. Namun hal ini mungkin bukan masalah besar karena kedua perusahaan tersebut sebenarnya mempunyai kesamaan investor, yaitu Alibaba.

(Diedit oleh Septa Mellina; Sumber gambar: Pixabay)

The post Apa Aplikasi Transportasi, Live Streaming, dan E-Commerce yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi


Source: entrepreneur