Collaborative Online International Learning (COIL) Between Japanese and English Departement Students Al Azhar Indonesia University, and Kansai University Students

Pada hari ini Jumat, 20 November 2018, telah dilaksanakan diskusi antara mahasiswa Program Studi Sastra Jepang, Program Studi Sastra Inggris Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), dengan mahasiswa Kansai University (KU). Diskusi jarak jauh ini dilakukan secara online dalam bentuk video conference.  Mahasiswa UAI dan KU melakukan diskusi mengenai budaya khususnya budaya Indonesia dan Jepang. Sebelum berdiskusi mahasiswa UAI dan KU yang terbagi dalam grup membuat video tentang budaya negara masing-masing dan saling memberikan komentar mengenai isi video tersebut di media sosial.

Tema yang ditampilkan di video yang dibuat oleh mahasiswa UAI adalah, budaya berjabat tangan, budaya ber kumpul, tabu, etika makan, dll, sedangkan mahasiswa KU membuat video dengan tema vending machines, Origami, makanan Jepang, kantin kampus, dan lain-lain. Di ujung diskusi masing-masing perwakilan grup mempresentasikan hal-hal yang dipelajari dari video dan diskusi langsung jarak jauh.

Diskusi jarak jauh dengan menggunakan Video Conference ini merupakan projek kerjasama antara Universitas Al Azhar Indonesia dan Kansai University yang dilaksanakan setiap semester dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman budaya antar negara, meningkatkan rasa percaya diri menggunakan bahasa asing dan memperluas hubungan antar bangsa yang merupakan bagian dari globalisasi. Diskusi jarak jauh ini disebut juga dengan Collaborative Online International Learning (COIL) dan merupakan kersama UAI dan KU tahun ke- 3.



 

 

Source: berita uai

Source: beasiswa