[Flash] Uber Dikabarkan Mempunyai Software Rahasia untuk Memata-Matai Grab

Inti berita

  • Menurut laporan Bloomberg, layanan transportasi online Uber mempunyai sebuah program yang dibuat untuk memata-matai rival mereka di Asia Tenggara, yaitu Grab.
  • Program yang bernama Surfcam tersebut dibuat oleh staf Uber di Sydney, dan berfungsi mengumpulkan data yang dipublikasikan oleh kompetitor mereka. Software tersebut bisa menunjukkan berapa jumlah pengemudi yang sedang aktif saat ini, serta di mana mereka berada.
  • Aktivitas ini bermula di tahun 2015, saat Travis Kalanick masih menjabat sebagai CEO Uber.

Fakta penting lainnya

Tim hukum dari Uber sempat mempertanyakan legalitas dari software ini, yang bisa menyalahi Terms of Service dari Grab, atau aturan ketat yang berlaku di Singapura.

Sebelumnya, Uber juga pernah diperiksa oleh FBI terkait penggunaan program bernama Hell, yang digunakan untuk memonitor pergerakan pengemudi dari rival mereka di Amerika Serikat, yaitu Lyft.

Uber pun dilaporkan mempunyai program bernama Greyball, yang bisa mengetahui apabila ada petugas hukum yang ingin menangkap pengemudi Uber.

Sumber: Bloomberg

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post [Flash] Uber Dikabarkan Mempunyai Software Rahasia untuk Memata-Matai Grab appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi


Source: entrepreneur