Jurnal.id Kini Integrasikan CIMB Niaga ke dalam Layanan Cash Link


Ikhtisar
  • Fitur Cash Link ini memungkinkan pengguna Jurnal yang juga tercatat sebagai nasabah CIMB Niaga untuk mengimpor laporan mutasi rekening mereka secara otomatis, tanpa perlu repot lagi mengetikkan detail keuangan mereka satu demi satu ke dalam dasbor.
  • Setelah mutasi rekening masuk ke dalam Jurnal, fitur ini juga dapat mencatat tagihan secara real time dan menyediakan laporan keuangan secara otomatis dan sistematis.

Startup penyedia platform akuntansi onlineJurnal.id, pada tanggal 4 Oktober 2017 kemarin mengumumkan peluncuran fitur bernama Cash Link yang terintegrasi khusus dengan layanan sistem perbankan milik CIMB Niaga. Kerja sama ini ditujukan untuk membantu pelaku UMKM yang “melek” terhadap kebutuhan software akuntansi  online,  agar semakin mudah dalam membukukan laporan keuangan mereka sehari-hari.

Anthony Kosasih, selaku Chief Operating Officer Jurnal.id mengatakan bahwa poin utama dari kerja samanya dengan pihak Bank CIMB Niaga adalah integrasi manajemen keuangan yang lebih komplet di dalam satu platform akuntansi keuangan.

Dengan fitur Cash Link ini, pengguna Jurnal yang juga tercatat sebagai nasabah CIMB Niaga dapat mengimpor laporan mutasi rekening mereka secara otomatis, tanpa perlu repot lagi mengetikkan detail keuangan mereka satu demi satu ke dalam dasbor.

Anthony menambahkan, dengan adanya layanan ini integritas sebuah laporan keuangan bisa jadi lebih dipertanggungjawabkan karena lebih terjamin, baik dari segi transparansi sistem dan juga pengamanan anggaran dari pihak internal.

“Setelah mutasi rekening masuk ke dalam Jurnal, ada dua fungsi dari Cash Link, yang pertama adalah pencatatan tagihan secara real time dan kedua, Jurnal dapat menyediakan laporan keuangan secara otomatis dan sistematis,” ungkap Anthony.

Integrasi layanan Jurnal dengan mutasi rekening perbankan dalam fitur Cash Link ini ke depannya tidak hanya eksklusif bagi nasabah Bank CIMB Niaga saja tetapi juga Bank BCA yang sudah bisa dilakukan sejak bulan September 2017 lalu.

Pihak Jurnal.id memastikan akan adanya pilihan perbankan lainnya untuk memberikan pilihan kepada para pelaku UKM, sesuai  layanan lembaga bank yang sering mereka pergunakan. Fitur Cash Link sendiri sudah dapat digunakan oleh semua pelanggan layanan SaaS Jurnal dari tiga kategori paket yang disediakan. Di samping itu, layanan tersebut juga bisa dicoba lewat penawaran trial aplikasi Jurnal selama empat belas hari.

Jurnal ID | Photo

Perkembangan Jurnal dan kondisi pasar SaaS di Indonesia

Selama dua setengah tahun beroperasi, startup yang dibentuk oleh Daniel Witono dan Anthony Kosasih ini diklaim telah menggaet lebih dari 250 ribu unit pengguna dengan beragam latar belakang bisnis yang tersebar di berbagai negeri. Pertumbuhan ini disebut-sebut memiliki peningkatan yang cukup signifikan terhadap Jurnal di mana mereka telah berhasil mencatatkan transaksi lebih dari US$1 miliar (sekitar Rp13 triliun) bagi para penggunanya.

Kepada Tech in Asia Indonesia, Anthony mengaku optimistis dengan masa depan perkembangan pasar SaaS di Indonesia. COO jebolan UNSW Australia ini mengatakan bahwa pasar Indonesia sendiri cukup reseptif terhadap layanan SaaS dikarenakan situasi bisnis yang kini semakin mendorong perlunya kolaborasi bersama pihak lain, terlebih lagi dalam budaya kerja startup.

Sejak resmi beroperasi di tahun 2015, Jurnal.id termasuk satu di antara startup pelaku layanan SaaS tanah air yang terus bermunculan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Di samping Jurnal.id, beberapa startup “rekan seangkatan” lainnya yang terus mengalami perkembangan pesat hingga saat ini antara lain seperti Talenta, Rekruta, Sleekr, dan lain-lain.

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Jurnal.id Kini Integrasikan CIMB Niaga ke dalam Layanan Cash Link appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi


Source: entrepreneur