Kompetisi Startup TOP Generation Challenge Sediakan Total Hadiah Rp450 Juta


Ikhtisar

  • TOP Coffee membidik pasar entrepreneur muda yang kebingungan dalam mencari modal.
  • TOP Generation Challenge terbagi dalam dua kategori yakni Pre-Startup untuk yang baru akan memulai bisnis dan Startup yang suda.

Pada tanggal 16 Agustus 2017 kemarin, TOP Coffee bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) resmi membuka kompetisi startup bertajuk Top Generation Challenge. Program besutan produsen kopi tersebut hadir untuk mendorong generasi muda dalam mengembangkan inovasi digital dan membangun startup.

Edward Christian Djaja selaku Product Manager TOP Coffee menjelaskan latar belakang program ini bermula ketika pihaknya melihat anak-anak muda sekarang identik dengan bisnis. Menurutnya anak-anak muda ini benar-benar butuh wadah yang mampu membantu kebutuhan permodalan mereka.

“Mereka bingung bagaimana dapat modal. TOP Coffee sebagai wadah, bisa memberikan tambahan modal bagi mereka yang ingin berusaha dan merealisasikan usaha tersebut,” ujar Edward.

Product Manager TOP Coffee, Edward Christian Djaja (paling kanan), memberikan piagam pada Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo (dua dari kanan), di sela-sela acara TOP Generation Challenge.

Edward menambahkan bila TOP Generation Challenge terbagi dalam dua kategori yakni Pre-Startup dan Startup. Pre-Startup yakni mereka yang baru memiliki ide usaha rintisan, sudah memiliki perencanaan usaha, dan sedang mencari pasar. Sedangkan kriteria untuk kategori Startup yakni usaha rintisan tahap awal yang baru berjalan kurang lebih satu tahun, dan masih dalam tahap pengembangan serta penyempurnaan produk atau layanan untuk membangun pasar.

Total hadiah yang disediakan TOP Coffee pada program ini senilai Rp450 juta. “Ide tetap milik peserta. Setelah lomba pun, TOP Coffee tidak akan mengambil ide tersebut,” jelasnya.

Strategi memperluas branding

Top Generation Challenge | Screenshot

TOP Coffee tentunya juga memiliki tujuan lain ketika mengadakan program TOP Generation Challenge. Kompetisi tersebut melibatkan banyak anak muda karena sejalan dengan strategi dan target TOP Coffee untuk memperluas branding produknya.

“Di sini kami ingin memperluas branding TOP Coffee di lingkungan anak muda, khususnya usia 18-35 tahun agar mereka mengenal TOP Coffee lewat acara TOP Generation Challenge,” kata Edward.

Adapun langkah TOP Coffee mengadakan kompetisi yang bertujuan melahirkan startup baru juga dilakukan oleh pihak lainnya. Seperti FWD Life Indonesia, yang pada awal Agustus 2017 mengumumkan kompetisi FWD Hackathon 2017. Ada juga kompetisi serupa seperti Imagine Cup buatan Microsoft, IWIC buatan Indosat Ooredoo, The NextDev yang digagas oleh Telkomsel, hingga Seedstars World.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Kompetisi Startup TOP Generation Challenge Sediakan Total Hadiah Rp450 Juta appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi


Source: entrepreneur