Mekar Hadirkan Layanan Crowdfunding ala Kickstarter bagi Produk Inovatif Lokal


Ikhtisar
  • Pelaku UKM dan kreator produk inovatif yang membutuhkan akses pendanaan dapat memanfaatkan layanan crowdfunding milik Mekar ini.
  • Syaratnya, proyek mereka telah beroperasi minimal satu tahun dan mampu membuktikan performa perusahaan.
  • Ke depannya Mekar juga bakal menerima berbagai macam proyek asalkan memiliki target dan tujuan yang jelas untuk didanai di platform mereka.

Platform peer-to-peer (P2P) lending, Mekar hari ini resmi memperkenalkan fitur pendanaan crowdfunding sebagai pilihan bagi para investor yang tergabung di dalam platform mereka.

Melalui layanan terbaru ini, perusahaan lending yang berada di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation ini berupaya menyediakan akses kepada para pelaku UKM dan juga kreator produk  inovatif yang membutuhkan akses pendanaan.

Pihak Mekar mengklaim layanan crowdfunding mereka memiliki keunikan tersendiri yaitu diperbolehkannya sistem bagi hasil keuntungan (revenue share) dalam pembiayaan model bisnis suatu usaha. Skema tersebut merupakan alternatif dari model crowdfunding yang umumnya diperuntukkan bagi pemesanan (pre-order) barang inovatif seperti yang biasa kita jumpai di Kickstarter.

Kami hadirkan layanan crowdfunding untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia agar dapat berpartisipasi dalam mendanai inovasi dan pertumbuhan usaha-usaha kecil.

Irawan Kadarman,
Komisaris Utama Mekar

Seleksi produk yang lebih ketat sebelum didanai

Mekar | Photo

Kehadiran layanan crowdfunding dengan konsep yang mirip dengan Kickstarter ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan oleh perusahaan atau startup lokal di tanah air, meskipun sebagian besar lebih banyak fokus untuk keperluan penggalangan dana sosial dibandingkan bisnis produk inovatif (seperti KitaBisa).

Di samping Mekar, sebelumnya ada pula startup crowdfunding Wujudkan yang sayangnya terpaksa harus gulung tikar di awal tahun 2017. Mekar mengklaim platformnya lebih baik, karena adanya dukungan dari mitra peminjam (dari platform P2P lending) mereka dan penyeleksian produk yang terjamin dari pihak Mekar.

Pihak Mekar secara aktif akan terus menyeleksi berbagai proyek yang hendak didanai. Syaratnya, proyek tersebut telah beroperasi minimal satu tahun dan mampu membuktikan performa perusahaan sebelum mulai membuat kampanye penggalangan dana di platform Mekar.

Perkenalkan tiga macam produk untuk didanai

Untuk memperkenalkan layanan crowdfunding ini ke calon investor mereka, Mekar telah menggandeng sedikitnya tiga mitra usaha bisnis meliputi bidang internet of things (IOT) hingga startup layanan administratif digital.

Ketiga mitra tersebut di antaranya:

  • AKUN.Biz:  sebuah aplikasi pencatat keuangan sederhana yang memudahkan dan telah digunakan hingga ke luar Indonesia.
  • BikinBot: perusahaan pembuat 3D Printer lokal yang menghadirkan produk dengan harga terjangkau.
  • Ewabi:  UKM produsen sepeda dari bahan bambu yang beroperasi di Bali.

Ewabi | Screenshot

Usaha-usaha inovatif lainnya pun diperbolehkan untuk memanfaatkan fitur crowdlending Mekar guna mencari pembeli produk mereka (lewat sistem pre-order). Harganya pun bisa lebih murah dibandingkan harga retailnya.

Ke depannya Mekar juga bakal menerima berbagai macam proyek asalkan memiliki target dan tujuan yang jelas untuk didanai di platform mereka.

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Mekar Hadirkan Layanan Crowdfunding ala Kickstarter bagi Produk Inovatif Lokal appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi


Source: entrepreneur