Pengajian Perdana Pegawai UAI Tahun 2018

Jakarta- Dalam rangka silaturahmi dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, pegawai Universitas Al Azhar Indonesia yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan mengikuti pengajian mingguan pertama di tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Biro Sumber Daya Manusia,  Universitas Al Azhar Gedung UAI lantai 2. Acara dimulai dengan sambutan oleh Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya memiliki akhlak yang baik dalam berinteraksi antar manusia. Untuk itu sebagai manusia, kita memerlukan pedoman dalam membentuk akhlak yang baik, dan sebaik-baiknya  pedoman hidup adalah Al Quran.

Adalah Ustadz Agus Nurqowim, S.Pd. yang hadir sebagai narasumber pengajian tersebut, beliau merupakan imam masjid Agung Al Azhar. Dengan latar belakang sebagai hafizh quran, beliau menyampaikan mengenai keutamaan membaca, memahami dan mengamalkan isi Al Quran. Beliau menyampaikan bahwa Quran di turunkan oleh Allah SWT sebagai pedoman hidup bagi manusia yang dapat menuntun dan menyelamatkan manusia baik di dunia dan akhirat. Untuk itu penting bagi kita untuk dapat membaca Al Quran dengan bacaan yang benar sesuai dengan makhraj nya.

Sebelum ditutup, ada beberapa pertanyaan dari pegawai yang hadir, salah satunya adalah pertanyaan dari Bapak Dr. Suwardi, M.Pd., beliau menanyakan bagaimana cara menghapal Al Quran terutama menghapal ayat yang berulang. Menjawab pertanyaan tersebut, ustadz Agus menyampaikan bahwa salah satu   manfaat membaca dan menghapal Al Quran adalah melatih konsentrasi dan fokus. Dengan konsentrasi dan fokus huruf dan tanda baca insya Allah kita tidak akan kesulitan dalam menghapal termasuk beberapa ayat yang sama yang terdapat di beberapa bagian Al Quran.

Semoga dengan kegiatan ini, pegawai UAI senantiasa dekat dengan Al Quran dan menjadikan Al Quran sebagai kompas dalam menjalani peran kehidupan baik itu di tempat kerja, keluarga, maupun di masyarakat, aamiin ya robbal’alamiin.

Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia
Source: berita uai

Source: beasiswa