Preparing Yourself For The Digital Media Revolution

Jakarta (04/12)- Melihat perkembangan Industri teknologi yang sangat pesat, peran media sebagai salah satu yang mengiringi perkembanganya adalah topik yang selalu menarik untuk dibahas. Kali ini Universitas Al Azhar Indonesia bekerjasama dengan KOMIK (Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi) mengadakan Seminar mengenai “Preparing Yourself For The Digital Media Revolution” yang di narasumberi langsung oleh Naratama Rukmananda (Program Director/Producer VOATV New York & Writer). Acara yang diramaikan oleh seluruh mahasiswa FISIP ini berlangsung sangat menarik. Dalam semiar ini mahasiwa diajak untuk menelaah kembali bagaimana peran media dalam industri masa kini dan jangkauannya yang sangat luas.

Menurut pria yang kini menjabat sebagai Produser VOATV ini, media saat ini sudah menjadikan setiap generasi yang akan datang dituntut untuk memiliki multitallent skill, mampu diposisikan di bagian manapun dan dapat beradaptasi cepat dengan apa yang dikerjakan. Tentu saja ini mempertegas kembali bahwa kita sebagai individu tidak bisa jika hanya bergantung pada tools (alat) yang digunakan untuk memberikan hasil yang maksimal, tetapi perlu juga adanya mindset yang kuat untuk menjadikan hal hal yang sebelumnya tidak mungkin menjadi mungkin terjadi. Naratama juga sempat menceritakan  bagaimana ia mendapatkan kesempatan untuk meliput acara Comic On di Turki dan menyiarkan siaran live hanya dengan menggunakan skype. Kecanggihan teknologi menuntut pekerjaan dan informasi untuk disampaikan secara cepat dan dengan akses yang mudah, tak heran banyak media yang beralih dari stasiun televisi menuju jejaring media sosial karena dianggap memiliki efektivitas yang tinggi. Seperti halnya masyarakat yang mulai menikmati film melalui platform digital Netflix yang kini telah menyediakan ribuan film yang dapat diakses dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Platform digital dan sosial media seperti inilah yang tanpa kita sadari membentuk mindset (pola pikir) masyarakat yang menikmatinya.

Its all about perception, mindset, its about taste” Ujar Program Director yang juga telah menulis beberapa buku ini. Menurutnya rasa yang dibangun dan diterapkan di masyarakat itu bisa sangat berbeda dan memberikan pengaruh yang luar biasa dan ini yang sering lupa untuk dibahas dibangku perkuliahan oleh para generasi muda, bukan hanya bagaimana menyelesaikan sesuatu dengan sempurna, namun juga ada rasa yang tertanam di dalamnya. “You have to bulid your taste, you have to bulid your mindset” tegasnya, karena tanpa kita sadari dengan mindset dan taste yang kita miliki dapat mengarahkan dan mempengaruhi mindset banyak orang di sekeliling  kita.

Setelahnya Naratama menjelaskan berbagai macam industri media maupun teknologi yang saat ini membutuhkan banyak sekali tenaga kerja untuk mendalami bagaimana sosial media bekerja. Naratama berpesan pada generasi masa kini untuk tidak terpaku pada lapangan pekerjaan yang tersedia di institusi maupun lembaga pemerintah, ada banyak pekerjaan di luar sana yang dapat dilakukan sesuai dengan apa yang diminati.  “there was a lot opportunity di industri 4.0 yang bisa kalian raih dan gali kedepannya” pesannya sebelum menutup seminar dengan sesi tanya jawab. Dikemas dengan sangat menarik dan santai seminar ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari seluruh mahasiswa yang hadir.




Source: Berita Kampus


Source: entrepreneur