Raih 50 Juta Pengunjung Bulanan, IDN Media Raih Pendanaan Seri B yang Dipimpin East Ventures


Ikhtisar

  • Startup media digital tanah air IDN Media mulai beroperasi sejak 2014.
  • Di bulan September 2016, IDN Media baru berhasil menjaring 15 juta kunjungan bulanan dan terus meroket hingga 50 juta pengunjung bulanan di tahun 2017
  • IDN Media berencana untuk merekrut tim editorial di sepuluh kota Indonesia untuk memperkuat coverage berita lokal mereka.
  • Saat ini IDN Media telah memiliki dua buah portal  IDNTimes dan Popbela, serta di penghujung tahun akan menghadirkan portal untuk ibu-ibu millenial Popmama.

Pada tanggal 21 November 2017 ini, startup media digital tanah air IDN Media mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapat pendanaan Seri B dengan nominal yang tidak disebutkan. Investasi tersebut dipimpin oleh East Ventures, serta diikuti oleh perusahaan investasi asal Hong Kong, Central Exchange.

Dana segar ini rencananya akan mereka gunakan untuk mempercepat pertumbuhan pengguna, dan demi terus mengembangkan produk dan teknologi mereka.

IDN Media sendiri merupakan startup media yang didirikan oleh sepasang kakak beradik, Winston dan William Utomo, pada bulan Juni 2014. Saat ini, mereka telah mempunyai dua buah portal, yaitu IDNTimes dan Popbela. Di akhir tahun 2017 ini, mereka pun berencana untuk meluncurkan portal khusus ibu-ibu millenial yang bernama Popmama.

Baru mempunyai sekitar 15 juta pengunjung bulanan pada bulan September 2016 yang lalu, IDN Media kini telah berhasil mendapat 50 juta pengunjung bulanan dari dua portal yang telah mereka jalankan.

IDN Media William Utomo Winston Utomo

Co-founder IDN Media, Winston Utomo (kanan) dan William Utomo (kiri)

IDN Media yang kita lihat saat ini baru menyentuh permukaan dari keseluruhan visi kami. Dengan tambahan modal ini, kami akan fokus pada misi untuk membangun perusahaan media multi platform yang lebih baik untuk kaum milenial dan Gen Z

Winston Utomo,
CEO IDN Media

Ke depannya, IDN Media juga berniat merekrut tim editorial di sepuluh kota di Indonesia, demi menghadirkan lebih banyak berita-berita lokal. Mereka pun berencana untuk merambah ke vertikal media yang berbeda, serta meningkatkan jumlah konten orisinal yang mereka produksi.

Untuk mendukung niatan tersebut, pada bulan Februari 2017 yang lalu mereka telah meluncurkan platform menulis bernama IDN Times Community. Saat ini, mereka telah berhasil menggaet 40 ribu orang penulis komunitas yang secara rutin mengirimkan tulisan untuk dimuat di IDN Media.

Selain mempunyai portal yang berisi berita dan artikel informatif, IDN Media pun memproduksi konten video yang disebarkan lewat Facebook dan YouTube. Setiap bulannya, konten-konten tersebut telah disaksikan sekitar 62 juta kali. Beberapa saluran konten tersebut di antaranya:

  • IDN TV
  • Yummy (yang berfokus pada konten kuliner)
  • Now (yang berfokus pada konten berita)

Selain itu, mereka juga mempunyai layanan agensi IDN Creative, IDN Event, dan IDN Creator Network.

Meski mempunyai banyak lini bisnis, IDN Media sejauh ini masih bisa menjaga operasional mereka agar berjalan dengan baik. “Kuncinya adalah merekrut orang yang tepat, membangun budaya yang baik, serta sistem yang kuat,” tutur Winston kepada Tech in Asia Indonesia.

Strategi IDN Media yang hanya menyasar kaum milenial dan Gen Z terbukti berjalan dengan sangat baik. Mereka tak hanya menjangkau pembaca yang banyak dan setia, namun mereka juga membangun bisnis yang kuat dengan pertumbuhan pendapatan yang signifikan. Hal ini membuat mereka menjadi bisnis yang menguntungkan

Willson Cuaca,
Co-Founder dan Managing Partner East Ventures

IDN Media termasuk salah satu startup yang menerima pendanaan secara rutin setiap tahun. Pada bulan September 2015, mereka berhasil mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Ventures, sebelum kemudian mendapatkan pendanaan Seri A yang dipimpin oleh North Base Media tepat setahun kemudian. Mereka pun merupakan salah satu startup yang terpilih untuk mengikuti program akselerator Google Launchpad.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Raih 50 Juta Pengunjung Bulanan, IDN Media Raih Pendanaan Seri B yang Dipimpin East Ventures appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi


Source: entrepreneur