Ruangguru dan President University Selenggarakan Seleksi Beasiswa Senilai Rp66 Miliar


Ikhtisar
  • Para siswa yang berminat untuk mengikuti seleksi beasiswa perguruan tinggi di President University bisa mendaftar melalui situs Ruangguru hingga 9 Februari 2018.
  • Program ini akan memberikan beasiswa kepada 1.440 siswa untuk berbagai bidang studi, mulai dari akuntansi, administrasi bisnis, teknologi informasi, hingga pendidikan anak usia sekolah dasar.

Pada 10 Januari 2018, startup bidang pendidikan Ruangguru mengumumkan kerja sama dengan President University dalam hal penyelenggaraan seleksi beasiswa senilai Rp66 miliar bagi siswa-siswi berprestasi.

Program ini akan memilih sebanyak 1.440 siswa-siswi yang berhak mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di President University. Jurusan yang bisa dipilih antara lain akuntansi, administrasi bisnis, manajemen, teknologi informasi, hingga pendidikan anak usia sekolah dasar.

Dalam kerja sama ini, Ruangguru bertindak sebagai penyelenggara ujian bagi siswa-siswi kelas 12 melalui layanan ujian online Ruanguji untuk berkompetisi mendapatkan beasiswa. Pendaftaran untuk program beasiswa kuliah ini dibuka hingga 9 Februari 2018. Tahap seleksi mulai dari 10 Februari-5 Maret 2018, dan diumumkan selambat-lambatnya pada 30 Maret 2018.

co-founder dan CEO Ruangguru, Belva Devara (kiri) bersama co-founder dan Chief Product Officer Ruangguru, Iman Usman.

Menurut CEO & Co-Founder Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara, pihaknya hanya mengerjakan prosedur operasional mulai dari pendaftaran, tes seleksi online, mengurutkan peringkat berdasarkan hasil tes, dan memeriksa rapor peserta seleksi. Setelah seleksi ini, peserta akan mengikuti seleksi lanjutan yang dilakukan oleh tim President University untuk menentukan penerima beasiswa penuh atau parsial.

Seleksi ini dilakukan secara online agar anak-anak yang tidak tinggal di kota tetap bisa ikutan, bisa menunjukkan kalau mereka itu mampu dan ikut seleksi-seleksi selanjutnya.

Adamas Belva Syah Devara,
CEO & Co-founder Ruangguru

Mengenai kerja sama dengan President University, Belva mengatakan faktor pertama yang membuatnya bersedia yakni karena dirinya merupakan salah satu alumnus SMA Presiden, sehingga ia merasa sudah kenal baik dengan orang-orangnya. “Kemudian, President University juga universitas swasta, lebih fleksibel,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Produk dan Kerja Sama Ruangguru, Iman Usman, mengatakan kemitraan dengan President University dilakukan pihaknya setelah turut mempertimbangkan masukan dari pengguna mereka saat ini. “Partisipasi kami dalam program beasiswa ini adalah bentuk give back kepada pengguna Ruangguru agar mereka dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Iman.


Adapun Ruangguru bukan satu-satunya startup yang membantu menyalurkan beasiswa pendidikan. Hal serupa pernah dilakukan oleh Quipper melalui kompetisi Quipper Video Challenge Season 3 yang telah berakhir pada Desember 2017 kemarin.

Untuk kompetisi tersebut, Quipper menyediakan hadiah berupa tabungan pendidikan dengan nilai total ratusan juta rupiah. Kegiatan yang hampir sama juga pernah dilakukan oleh Bukalapak, saat memberikan beasiswa bagi para mahasiswa jurusan Ilmu Komputer dalam program BukaBeasiswa.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Ruangguru dan President University Selenggarakan Seleksi Beasiswa Senilai Rp66 Miliar appeared first on Tech in Asia.

The post Ruangguru dan President University Selenggarakan Seleksi Beasiswa Senilai Rp66 Miliar appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi


Source: entrepreneur