Ruangguru Dorong Kolaborasi Guru dalam Mengajar Lewat Layanan ruangkelas


Ikhtisar
  • Dengan layanan Ruangkelas,  guru dapat mengundang murid yang diajarnya untuk bergabung, memberikan tugas dan ulangan menggunakan soal buatan sendiri maupun konten soal yang disediakan Ruangguru.
  • Platform ini juga memungkinkan para guru untuk menciptakan konten soal yang dapat dipakai untuk kegiatan belajar-mengajar untuk guru dari daerah lainnya.

Startup pendidikan Ruangguru pada tanggal 30 Agustus 2017 meluncurkan sebuah platform “kelas virtual” bernama ruangkelas. Melalui layanan gratis ini, guru dapat mengelola aktivitas belajar-mengajar mereka secara virtual sebagaimana halnya sedang berada di kelas.

Lewat ruangkelas, guru dapat mengundang murid yang diajarnya untuk bergabung, memberikan tugas dan ulangan menggunakan soal buatan sendiri maupun konten soal yang disediakan Ruangguru. Di samping kegiatan belajar dan menggarap rangkaian soal yang dikuasai guru, layanan ruangkelas juga menyediakan dashboard khusus untuk melihat hasil perkembangan murid yang diajar.

Ruangkelas | Screenshot

Belva Devara selaku CEO dan Co-Founder Ruangguru menjelaskan bahwa tujuan diluncurkannya ruangkelas adalah untuk mempermudah guru dalam menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar secara virtual.

Peluncuran ruangkelas merupakan inovasi terbaru untuk mewujudkan kelas masa depan. Jadi kinerja guru menjadi lebih efektif serta efisien,” ujar Belva dalam siaran persnya. 

Dorong kolaborasi antar guru dari daerah yang berbeda

Menariknya lagi, layanan ini juga mendorong terciptanya kolaborasi antara guru yang tergabung bersama di ruangkelas. Lewat platform tersebut, guru dapat menciptakan konten soal yang dapat dipakai untuk kegiatan belajar-mengajar oleh guru dari daerah lainnya. 

Di samping kolaborasi dalam kegiatan pembuatan soal, layanan ruangkelas juga mendorong ekosistem kolaborasi lewat pembentukan komunitas user yang ditujukan sebagai tahap pengembangan diri dan profesionalisme pengajar.

Ruangkelass | Screenshot

Melalui fokus pengembangan ekosistem ini, guru yang tergabung dapat digolongkan menjadi power user, trainer, bahkan juga community leader, masing-masing akan mendapat sertifikat khusus dan insentif hadiah dari pihak RuangGuru.

Peluncuran ruangkelas sendiri semakin memperbanyak jumlah variasi layanan yang dihadirkan oleh Ruangguru sejak mulai didirikan pada tahun 2014 lalu. Di usianya yang ketiga, Ruangguru saat ini memiliki empat layanan meliputi ruanguji, ruangbelajar, ruangles, dan ruanglesonline.

Ruangguru sendiri bukan satu-satunya startup pendidikan yang fokus menghadirkan platform kegiatan belajar-mengajar untuk guru dan tenaga pengajar di Indonesia. Di samping Ruangguru, ada juga HarukaEdu yang pada November 2016 lalu memperoleh pendanaan sebesar US$2,2 juta (sekitar Rp29 miliar).

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Ruangguru Dorong Kolaborasi Guru dalam Mengajar Lewat Layanan ruangkelas appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi


Source: entrepreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *