Tiga Besar Startup Finalis di G-Startup Worldwide GMIC Indonesia 2017


Ikhtisar
  • Tiga besar startup dalam kompetisi ini adalah Shipper, Squline, dan Growpal.
  • Growpal berhasil menyabet gelar pemenang dan berhak mendapat uang sebesar US$150 ribu (sekitar Rp2 miliar) dan tiket ke Silicon Valley.

Pada tanggal 26 September 2017 lalu, GWC Global Inc menyelenggarakan The Global Mobile Internet Conference (GMIC) Indonesia 2017. Dalam acara tersebut, turut diumumkan tiga startup finalis yang berkompetisi di G-Startup Worldwide GMIC 2017.

GMIC Indonesia 2017 sendiri diadakan sebagai wadah bagi para pegiat teknologi untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang industri teknologi, khususnya yang bergerak dalam bidang mobile dan internet. G-Startup Worldwide sendiri merupakan kompetisi global untuk menemukan startup potensial di tahap awal. 

Dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia Indonesia, pemenang pertama kompetisi ini mendapat hadiah uang sebesar US$150 ribu (sekitar Rp2 miliar) dan tiket ke Silicon Valley untuk mengikuti kompetisi final tingkat global. Di sana, ia akan bersaing dengan startup pemenang dari negara lain. Dari 15 startup finalis, berikut ini adalah startup yang masuk dalam daftar tiga besar.


Shipper

Shipper | Screenshot 1

Shipper merupakan startup yang menghadirkan layanan penjemputan barang dari tempat pengirim untuk diantar ke penyedia layanan logistik. Shipper juga membantu pengguna melakukan tracking pengiriman barang. Sejak berdiri pada Juni 2016, Shipper kini sudah bekerja sama dengan 16 perusahaan logistik.


Squline

squline kursus online jepang|web

Squline adalah situs belajar bahasa asing yang bisa menghubungkan para siswa dengan para penutur asli yang berasal dari negara asing tersebut. Saat ini, mereka telah menyediakan kelas untuk belajar bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang.


Growpal

Growpal | Screenshot

Growpal merupakan startup yang menghubungkan investor atau pemilik dana dengan petani ikan yang membutuhkan modal. Growpal menyediakan dua opsi investasi yakni Crowd Investing dan Premium Investment.

Saat ini, masih fokus mengembangkan perikanan laut dan belum merambah perikanan air tawar. Growpal pada akhirnya keluar sebagai pemenang dan berhak memperoleh hadiah uang sebesar US$150 ribu (sekitar Rp2 miliar) 


Di Indonesia sendiri, cukup banyak kompetisi serupa untuk mendorong generasi muda dalam mengembangkan inovasi digital dan membangun startup. Seperti TOP Coffee bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang resmi membuka kompetisi startup bertajuk Top Generation Challenge pada 16 Agustus 2017 lalu.

Ada juga kompetisi FWD Life Hackathon 2017 yang menghasilkan pemenang dengan inovasi penelusuran rumah sakit dan pencarian diskon member asuransi FWD Life terdekat berbasis teknologi augmented reality. 

(Diedit oleh Septa Mellina; Sumber gambar: Founder’s Guide)

The post Tiga Besar Startup Finalis di G-Startup Worldwide GMIC Indonesia 2017 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi


Source: entrepreneur