skip to Main Content

Belajar Kesehatan Mental bersama Webinar Inure dan Yayasan Sejiwa

Telah berlangsung Webinar Inure dan kolaborasi dengan Yayasan Sejiwa pada tanggal 9 Januari 2021 lalu. Dengan adanya pandemi COVID-19 yang semakin merebak membuat masyarakat selalu bergantung dengan kehadiran media sosial. Banyak juga ditemukan tindakan cyberbullying dan tindakan mengganggu lainnya yang dapat merusak kesehatan mental atau psikologis setiap individu. Maka dari itu penyelenggara dari tim mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia mengangkat tema “Toxic Environment Affects Mental Health” yang memiliki keterkaitan dengan isu cyberbullying.

Narasumber yang hadir pada webinar ini yaitu Diena Haryana selaku Founder Yayasan Sejiwa dan Anisah Yoshida selaku seorang Influencer, Youtuber Dan Juga Entrepreneur Muda. Acara yang dilaksanakan pada siang hari ini berjalan dengan baik dan kondusif serta dihadiri oleh lebih dari 200 peserta. Antusiasme yang muncul pada acara ini juga terlihat dengan jelas karena adanya berbagai interaksi dalam zoom group chat dan banyaknya pertanyaan yang muncul.

Diena Haryana selaku Founder Yayasan Sejiwa menyampaikan materi yang bermanfaat seputar cyberbullying, penyebab, dampak, serta solusi dalam upaya memberantas cyberbullying. Sedangkan Anisah Yoshida selaku Influencer, Youtube dan juga Entrepreneur Muda lebih menekankan kepada berbagai pengalaman pada saat mengawali karirnya dan memberikan beberapa contoh yang menginspirasi untuk menghadapi berbagai tindakan cyberbullying. Beberapa poin penting yang disampaikan oleh kedua narasumber yakni Diena Haryana dan Anisah Yoshida. Poin-poin itu diantaranya mengenai lingkungan yang toxic adalah lingkungan yang membuat setiap individu merasa tidak bahagia, lingkungan yang toxic ini akan membuat individu resah serta membuat setiap diri akan merasa terbatas menjadi yang mereka inginkan. Perlu diingat bahwa lingkungan yang toxic dapat berasal dari teman, sahabat, rekan kerja, pasangan, atau bahkan keluarga.

Sebagai generasi muda setiap individu harus bersama melawan berbagai tindakan cyberbullying, membela para korban cyberbullying, dan mengingatkan kepada sesama akan bahayanya tindakan cyberbullying ini. Terakhir kedua narasumber menyampaikan sejumlah tips dan trik agar masing-masing individu bisa mensupport satu sama lain, kemudian dengan senantiasa menjaga lingkungan sebaik mungkin,  menggunakan gadget dengan tujuan yang positif, dan menjaga rekam jejak setiap individu masing-masing agar tidak ada yang menggubris masalah privasi tersebut. Semoga tindakan cyberbullying bisa berkurang di sekitar kita dan kedepannya tidak ada kasus mengenai adanya toxic relationship yang signifikan di mata publik.

The post Belajar Kesehatan Mental bersama Webinar Inure dan Yayasan Sejiwa appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Back To Top