skip to Main Content

Nilai-nilai Dasar UAI ini yang menjadi acuan dalam pengembangan program kemahasiswaan, untuk menghasilkan pribadi muslim yang kaffah. Pembinaan kemahasiswaan berkaitan dengan ketersediaan layanan untuk mahasiswa. Layanan yang disiapkan untuk membina mahasiswa adalah:

A. Program Penalaran dan Kreativitas, termasuk softskills

Program Penalaran dan Kreatifitas merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) guna memberikan wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan ide-ide kreatif dan inovatifnya. Berbagai program telah diluncurkan Ditjen Dikti antara lain program pengembangan penalaran dan keilmuan untuk merangsang pertumbuhan mahasiswa dalam persiapan menjadi sarjana yang unggul serta mampu bersaing dengan sehat. Layanan kepada mahasiswa unhrk mendukung program ini adalah:

  1. Sosialisasi mengenai kegiatan bidang pengembangan penalaran dan kreatifitas antara lain program Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres), Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT), Lomba Debat Berbahasa Inggris, National University Debating Championship (NUDC), Olimpiade Sains Nasional (OSN) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III keseluruh Prodi untuk melakukan proses seleksi Tingkat Prodi;
  2. Melaksanakan program seleksi hingga tahap universitas;
  3. Melakukan pembinaan, pelatihan dan pendampingan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas yang dikirim ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III untuk mewakili UAI .

B. Minat dan Bakat

Minat dan bakat, termasuk didalamnya pengembangan kegiatan mahasiswa (KMPS dan KMF) serta unit kegiatan keluarga mahasiswa (UKKM). Pembinaan organisasi kemahasiswaan meliputi Latihan Kepemimpinan Manajemen Dasar (LKMD), Latihan Kepemimpinan Manajemen menengah (LKMM), Latihan Kepemimpinan Manajemen lanjut (LKML) dan mengadakan pengabdian kepada masyarakat masyarakat.

C. Kesejahteraanmahasiswa

Dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa dari sisi non akademik terkait finansial, kesehatan fisik dan problematika disediakan pelayanan sebagai berikut:

  1. Program Beasiswa, Layanan Beasiswa terdiri atas beasiswa yang berasal dari APBN dan non APBN. Program beasiswa dari dana APBN adalah:
    • Beasiswa Bidikmisi dari Kemenristekdikti
    • Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Kemenristekdikti.
    • Program Beasiswa Korporat yang berasal dari Community Service Responsibility (CSR)beberapa korporat mitra UAI.
    • Program OSC (Online Scholarship Competition) merupakan kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diadakan oleh situs berita dan video MetroTVNews.com.
    • Program bantuan dana Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).
    • Beasiswa Tahfidzbagi calon mahasiswa penghafal Al Quran
    • Beasiswa Mahasiswa Kerja UAI
  2. Program Layanan Kesehatan, Klinik kesehatan UAI menyediakan pelayanan kesehatan perorangan dengan memperhatikan beberapa aspek sebagai berikut:
    • Pelayanan kesehatan yang diberikan bersifat pertolongan pertama.
    • Melakukan kegiatan rujukan dengan cepat dan tepat Jika mahasiswa tidak bisa ditolong maka akan segera diarahkan ke Rumah Sakit Pertamina Pusat yang berjarak kurang lebih 1500 meter dari kampus
  3. Jaminan Kesehatan pada Kecelakaan, Universitas Al Azhar Indonesia berupaya menjamin dan melindungi mahasiswa melalui program PT Asuransi Tri Pakarta. Manfaat yang dapat diterima oleh mahasiswa jika mengikuti layanan asuransi kecelakaan adalah menjamin risiko terjadinya kecelakaan yang menimpa mahasiswa yaitu :
    • Kematian (Death)
    • Cacat Tetap (Permanent disablement)
    • Cacat Sementara (Temporary disablement)
    • Biaya Pengobatan (Medical expenses)

D. Layanan Bimbingan Konseling

Layanan Bimbingan Konseling untuk mahasiswa dilaksanakan oleh Pusat Layanan Psikologi Terpadu (PLPT).

E. Karir dan bimbingan kewirausahaan

Layanan Pusat pengembangan Karir memberikan:

  1. Informasi kepada mahasiswa mengenai pengetahuan spesifik sesuai yang akan ditekuni di dunia kerja bidang ilmu
  2. Gambaran kegiatan yang akan dijalankan setelah lulus sehingga dapat merencanakan karir mahasiswa
  3. Seminar/pelatihan karir, yaitu kegiatan memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis tertentu agar mahasiswa dapat memiliki keahlian tertentu sesuai yang diharapkan.
  4. Informasi lowongan kerja/Magang, merupakan layanan karir yang bersifat meneruskan informasi lowongan kerja/magang dari berbagai perusahaan
  5. Rekrutmen Kampus memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk melakukan rekrutmen dan seleksi calon tenaga kerja dari lulusan UAI di kampus secara langsung berupa:
    • Bursa Kerja, merupakan kegiatan rekrutmen dari berbagai perusahaan
    • Konseling Karir, layanan yang memberikan konsultasi bagi mahasiswa yang membutuhkan bimbingan pengetahuan, wawasan, dan pilihan dalam hal karir.

F. Layanan kewirausahaan

Mempersiapkan lulusan yang ingin terjun di dunia wirausaha seperti:

  1. Pembekalan, merupakan rangkaian kegiatan atau tahapan pelaksanaan program Mahasiswa wirausaha dan syarat untuk mendapatkan hibah modal usaha. Tujuan diselenggarakan pembekalan untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri serta ketrampilan berwirausaha mahasiswa. Kegiatan ini terdiri dari workshop dan bazar.
  2. Pelatihan, dilaksanakan dalam bentuk seminar, workshop, magang, dan kegiatan lain, dimana mahasiswa dapat bertemu, belajar, dan berkonsultasi langsung dengan Dosen, CEO, Manajer, Bussines owner, Founder, dan Co-founder perusahaan-perusahaan ternama.
  3. Pendampingan, bertujuan untuk mendampingi para mahasiswa wirausaha pemula yang bekerjasama dengan praktisi maupun dosen yang memiliki kapasitas sesuai dengan usaha masing-masing mahasi swa.
  4. Entrepreneurship Event, merupakan layanan akhir dari Program Kewirausahaan Mahasiswa yang terbagi ke dalam dua kegiatan yaitu seminar dan expo produk.
  5. Galeri Kemahasiswaan, memfasilitasi ruang kegiatan berwirausaha mahasiswa dimana produk-produk yang dibuat dapat dijual di galeri yang telah disiapkan.
Back To Top