skip to Main Content

SCIBOT (Scince and Robotic Club)

SCIBOT (Scince and Robotic Club) merupakan UKKM mahasiswa/i yang berfokus untuk mewujudkan barisan mahasiswa yang terampil, penuh semangat, dan berjiwa visioner serta developer. Untuk mewujudkan hal itu, poin-poin yang harus diperhatikan antara lain: Mengagendakan berbagai bentuk pelatihan, berupaya membantu pengabdian dan juga melatih kepemimpinan, membantu meningkatkan prestasi baik itu di dalam bidang akademik atau non akademik, dan yang terakhir menciptakan suasana yang penuh semangat dan mempererat silaturahmi dengan mengadakan pertemuan-pertemuan rutin.

STRUKTUR ORGANISASI
BagianNamaKeterangan
Ketua          Adji Willy MubarokKoordinator utama
Wakil Ketua          Randilla DewiraniWakil koordinator utama
BendaharaOlivera Purnomo (1)Isna Ibnah Mudrikah (2)Pengelolahan keuangan
SekretarisMoza Aisyah Yasmin (1)Adela Armelia (2)Administratif bersifat asisten/mendukung
Sarana PrasaranaMohammad Fawwas F (1)Rifa Syabila (2)Penanggung jawab alat-alat UKKM baik yang masuk maupun yang keluar
Divisi RobotikNandang SumartoFahri RamadhanMuhammad Arip Putra SSyachrial Putra RifaldiKoordinator divisi Robotik
Divisi SainsM Radhiva I AHimawan A NIda Ayu AmaeliaM  Hasya AbdillahKoordinator divisi Sains
Divisi HUMASAzka Salma EAmanda KhirunisaAmelia RamadantiNabila Widya AzzahraKoordinator hubungan antar masyarakat

Kompetisi yang pernah diikuti SCIBOT

  1. KRI (Kontes Robot Terbang Indonesia)

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika.  KRI diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pada lomba KRI terdapat beberapa divisi seperti KRAI, KRPAI, KRSBI Beroda, KRSBI Humanoid,  KRSTI, dan KRTMI. Sunday merupakan tim lomba KRI yang ikut serta pada divisi Robot Pemadam Api (KRPAI). Tim Sunday terdiri dari Indrawan Arifianto dan Robi Darwis. Tim ini memiliki fokus bahwa robot harus dapat menemukan titik api, mematikan api, kemudian kembali ke posisi awal secepat-cepatnya. Lomba KRI dilaksanakan pada 10-12 Mei 2018 di Universitas Tarumanegara dan 4-6 April 2019 di ITENAS Bandung yang berhasil lolos tingkat regional.

2. ON-MIPA PT (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi)

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) merupakan salah satu Kompetisi keilmuan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Bidang yang dilombakan meliputi bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi. Lomba ON MIPA dilaksanakan pada 21-22 Maret 2018 di UHAMKA Jakarta dan 6-7 Maret 2019 di Universitas Pancasila yang berhasil lolos tingkat regional.

3. KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia)

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) adalah kompetisi pesawat tanpa awak di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristekdikti) yang diperuntukkan bagi seluruh universitas di Indonesia. Pada lomba KRTI terdiri dari beberapa divisi yaitu Racing Plane (RP), VTOL, Fixed Wing dan TD. Bramakumbara adalah tim lomba KRTI yang ikut serta pada divisi Racing Plane. Tim ini terdiri dari Ahmad Ramaditiya, Ahmad Idris dan Raihan Zaky Thamrin. Tim ini memiliki fokus bahwa robot dapat diterbangkan secara otomatis sepanjang track dengan waktu secepat-cepatnya. Lomba KRTI dilaksanakan pada tanggal 5-10 Oktober 2018 di Universitas Teknokrat Lampung.

Update Kontes Robot Terbang Indonesia 2021 (KRTI 2021)

Seiring berkembangnya teknologi di dunia, mahasiswa/i sebagai generasi penerus bangsa ditantang untuk berpikir kreatif dan inovatif terhadap terknologi yang berkembang, khususnya robot terbang. Tidak berbeda dengan industri teknologi lainnya, industri teknologi robot terbang juga terus berusaha untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi teknologi di bidangnya.

Oleh karena itu, diadakan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk menarik minat serta kemampuan mahasiswa/i di seluruh Indonesia mengenai teknologi robot terbang khususnya dalam bidang Pesawat Tanpa Awak (Unmanned Aerial Vechicle, UAV). Teknologi robot terbang yang dikompetisikan sendiri adalah robot terbang tanpa awak dimana jenis robot ini memerlukan perkembangan alat teknologi monitor dari darat yang dikembangkan oleh peserta kompetisi ini. Kompetisi KRTI 2021 memiliki 4 divisi yang dilombakan, yaitu:

  • Divisi Racing Plane (RP)

Divisi RP memiliki tema “(FAST and On Track)”: tercepat dan pada lintasan. Lintasan adalah berbentuk angka delapan (figure of eight).

  • Divisi Fixed-Wing (FW)

Tema FW “Pengiriman Paket Darurat pada Wilayah Karantina”.

  • Divisi Vertical Take-off and Landing (VTOL)

Tema VTOL “Fast Response, Precise and Accurate Aerial Shipment Delivery”.

  • Divisi Tehnology Development (TD)

Tema TD “Inovative UAV Technology

Maka dari itu SCIBOT UAI (Science and Robotics Clubs, Universitas Al Azhar Indonesia) merupakan UKKM yang bergerak sebagai wadah mahasiswa/i yang berfokus pada kegiatan ilmiah seperti Sains dan Robotika, mengirimkan satu tim untuk mengikuti KRTI 2021. Tim yang bernama Mach 2 yang beranggotakan beberapa mahasiswa/i yang akan mengikuti KRTI pada salah satu divisi, yaitu divisi Racing Plane (RP).

Divisi RP menekankan pada penguasaan wahana yang meliputi konfigurasi, pengendalian dan pendataan parameter terbang. Kontes dilaksanakan dalam bentuk sebuah tantangan untuk menyelesaikan sebanyak mungkin terbang membentuk figure-of-eight dalam waktu yang ditentukan secara autonomous mulai dari peluncuran hingga waktu yang tersedia serta dapat mendarat dengan baik.

Untuk informasi yang berkaitan tentang KRTI 2021 dapat diakses di laman resmi, Pusat Prestasi Nasional, Kementrian dan Kebudayaan Indonesia di bawah ini :

https://pusatprestasinasional.kemendikbud.go.id/

Back To Top